Learn the Rules, Break The Rules, and Create the New Ones...

Hi... My name is Rizky Prihanto. You can call me RQ, or Rizky either. I am currently living on Bandung, Indonesia. Had a lot of works and research about Enterprise Information Systems (majoring on education and e-governments). I have bunch of interests (some friends call it 'freakz') about MySQL Opensource Database and now I am one of the administrator of MySQL Indonesia User Group - the opensource community initialized by Sun Microsystems Indonesia.

My Company PT Cinox Media Insani, Bandung, Indonesia. I work here since 2008 and I take responsibility as Chief of Software Architect. My job is about planning, imaginating, fantasy-ing, concepting, and build the infrastructure of the new information systems (or app engines) which going to be implemented.

This blog This is my blog that represent my current opinion, research and experiences about anything in Software Engineering. Written since 2007 (actually) and has been vaccum for a lot of while. And now I wanna ressurrect this blog (optimistically) from the long-long-hibernation with something fresh and new ideas -- still about MySQL, software engineering, development, and may be something managerial here.

About the tagline I've learned the statement above from some paper written by Kent Beck about Extreme Programming (XP) methodology -- some sort of practical software development methods which have no boundaries. That's very inspiring me a lot. I have written some article on this blog that tell my interpretation about that statement here.

My Another Blogs I have classifying my blogs into some sort of genre. The blog that you read here right now is my primary blog that tell you (majoring) about IT stuff. But if you wanna look another side of me, you can visit here, here, here,or here. Hope it'll be interesting for some of you.

Credits I would thanks to Blogger for this great blog platform. Skinpress who designed this Wordpress template (which is bloggerized by Free Blogger Templates). My appreciate is also going to you who give your generously time for visiting my blog.

Cara Belajar Menjadi Programmer

Hari ini hari pertama ku aktif kerja lagi stlh nyaris 10 hari berpetualang di Jatim-Kaltim. Pagi-pagi cek imel (udah beberapa hari ini aku offline), eh ada imel dari seseorang tak dikenal dengan ID "no kus" (mgkn namanya Kusno ato Soekarno hehehe *sok tau bangedd sih*) nanya gini :

"Aku pingin jadi programmer. tapi belajarnya mulai dari mana dulu? oh ya aku ingin belajar delphi dan databasenya sql server 2000. Terima Kasih"


Hmm..., udah lama aku ngga "mewaluh" nieh. Kebetulan... Aku merenung sebentar, kupikirkan pertanyaan dia.. Dulu waktu masih lugu-lugunya aku juga sempat menanyakan hal yang serupa soalnya. Gimana caranya *memulai* belajar untuk jadi programmer?

Singkat kata, uneg-uneg udah penuh, akhirnya aku jawab begini :


klo aku ngajarin temen2ku,
1. belajar bikin GUI
2. belajar database (bikin tabel, jalin koneksi, syntax2 SQL)
3. belajar simple CRUD (create, retreive, update, delete) via database langsung n via aplikasi
4. belajar bikin report
5. ulangi poin 1-4 tapi tambahin fasilitas macam2. upgrade aplikasi pelan2, coba imple semua tips n trik.

cara belajar (pemrograman) yang efektif, sebenarnya perlu kmu *sesuaikan* dgn gaya belajar alami kamu.
Ada 3 gaya belajar :
1. VISUAL
2. AUDITORIAL
3. KINESTETIS

konsepnya sama kya kmu maen LEGO (pasang-pasangan) waktu masih TK dulu ^_^. dari potongan2 kubus/object yang ada, misal kmu disuru gurumu bikin menara eiffel, apakah kamu :

1. liat buku panduan-nya trus tiru dan ikuti semua step-by-step nya yang ada di panduan itu, MAKA gaya belajar alami kamu tergolong AUDITORIAL

2. liat orang (temenmu/tetanggamu/gurumu) bikin menara eiffel, trus tiru cara dia mbikin tu menara eiffel, MAKA gaya belajar alami kamu tergolong VISUAL
3. kmu ga comfort niru step-by-step yg ada di buku panduan, ato kmu pusing ngliat n ngikutin cara kerja orang, kmu LEBIH suka nyoba-nyoba sendiri, improvisasi, trial-error... MAKA gaya belajar alami kamu tergolong KINESTETIS.

nah,


sekarang, kecenderungan mu belajar dengan gaya apa? terapkan juga itu dalam cara belajar pemrograman.

1. kalo u dominan AUDITORIAL, u bisa baca2 buku pemrograman, ikutin semua step-by-step nya
2. kalo u dominan VISUAL, u bisa belajar dengan *memperhatikan* programmer laen bekerja trus tiru cara kerjanya
3. kalo u dominan KINESTETIS, tiada cara lain bagimu utk belajar selain dengan IMPROVISASI. coba-coba, gagal, coba lagi, gagal, coba lagi...

*kebanyakan programmer dan inventor (researcher, penemu, ilmuwan) itu orang-orang kinestetis.. tapi ngga menutup kemungkinan orang dengan gaya belajar alami AUDITORIAL dan VISUAL juga bisa jadi KINESTETIS suatu hari.. ini cuman masalah kebiasaan aja..


untuk permulaan, u bisa belajar pemrograman dengan tema sederhana misal bikin aplikasi buku telepon.
bikin GUI nya dulu,
struktur database,
CRUD,
report
trus ulangi semuanya sampe u ngrasa u udah cukup mahir...

algoritma? pelajarin sambil jalan..
InsyaAllah bisa.
yang penting tekun aja..

klo u memilih "menjerumuskan diri" ke Delphi, ikut milis/forum.
http://www.delphi-id.com
http://www.diskusiweb.com
delphindo@yahoogroups.com
ato
ke blog ini : http://ekoindri.wordpress.com
orangnya pinter delphi, baek, suka ngasi tips-n-trik, rajin ngupdate blog nya, penulis buku jg, sabar (spesifikasi wajib yg harus dimiliki seorang guru)

oke?

selamat mencoba!

NB :
oia, satu lagi :

jangan merasa malu untuk MENCONTEK dan MENIRU.
sebenarnya NYONTEK itu juga salah satu proses belajar
(kesalahan utama guru2 kita waktu SD-SMA selalu *mengharamkan* nyontek)
.. mereka ga sadar, klo sebenarnya Bill Gates bisa bikin Microsoft Windows jadi sebesar saat ini juga dari modal MENCONTEK.

ada filosofi bagus yang dianut ama Bill Gates ama Steve Jobbs (pendiri Apple Inc.) :

"...seniman yang PANDAI, dia MENIRU. seniman yang HEBAT, dia MENCURI..."

silakan interpretasikan sendiri maksud kata2 mereka itu...

--
wassalam,


Rizky Prihanto
http://www.software-arsitek.web.id
+62 856 496 00 496
+62 22 3018 3328

27 comments:

Anonim mengatakan...

OH GTU TOH MAS JADI YANG DI PELAJARI ITU TOH TAPI TERKADANG PRAKTEK BUA PROGRAMNYA ITU LOH MAS YANG SUSAH DAN MILIH BAHASA PEMROGRAMAN APA YANG PALING COCOK UNTUK DI PELAJARI IHWAL KRENA SAYA MASIH BUTA PEMROGRAMAN MASIH BLANK 100% ENGGAK TAHU SAMA SEKALI JADI MULAI DARI MANA MAS SAYA

Anonim mengatakan...

Mas, kalo menurut saya, ada hal yang lebih dasar lagi sebelum itu: ALGORITMA. belajar memecahkan hal-hal yang simpel (matematik,string dll), looping, tipe data, fungsi & prosedur, dll. kenapa?karena tidak semua pemrograman adalah pemrograman database, meskipun database adalah yang dominan. Kalo algoritma sudah dikuasai, mau ke bahasa pemrograman apa saja, DBMS apa aja dari yang sederhana sampe yang njelimet kayak oracle saya rasa bukan masalah karena toh dasarnya sama saja. bahkan ke bahasa yang bukan database seperti matlab juga no problemo. tapi itu menurut pengalaman pribadi sebagai bukan orang IT tapi nyemplung di IT loh. jadi saya hanya punya naluri saja dalam programming, ga ada dasar teori apa-apa.peace.CMIIW :)

Anonim mengatakan...

Mencontek itu tetap ndak bener, dalam konteks utuh. Mencontek adalah hal terlarang, dalam dunia akademis, mencontek alias plagiasi bin plagiarism adalah HARAM. yang boleh adalah mencontek ide dan mengembangkannya (baik sekali dengan memberi kredit si empunya ide) itu yang bikin cina sangat hebat saat ini karena mereka raja software engineering. Bill Gates mencontek ide Apple dalam hal GUI, meski implementasinya tetep tidak sebaik apple, tapi windows harus diakui lebih baik dalam hal kemudahan dan dukungan software2 third party sekaligus juga kemerdekaan dia dijalankan di platform apapun (beda dengan apple yang tetep keukeuh dijalankan di mesin dia sendiri). Jadi mencontek tidak mentah2 tapi mengembangkannya baik teknis maupun bisnis, dan memberi kredit pada si empunya ide originalnya (tapi ini sih idealnya hehehe)

Anonim mengatakan...

mas keliatannya mas ngfen nie ma bill gates...!!
klo iya artix qt sm...!!!
nah tolong donk klo mas punya kt2x om bill..ttg prinsip2 hidupnya to yg laennya....dibagi2 dunk,,!!!

Raja_ILMU mengatakan...

Kayaknya kita sama sama ngefens sama bill gates

Anonim mengatakan...

like this

Anonim mengatakan...

Wah mas keren bole copas katanya2 gk biar bisa di ingat yg tentang mencontek itu KEREN banget

aku jadi termotivasi untuk lebih mendalami dalam hal programmer :D

Anonim mengatakan...

hmmm....

Anonim mengatakan...

Kerennnnn...
saya mahasiswi semester 5 jur IT..tapi parahnya saya tidak menguasai satupun bahasa pemprograman...
cara belajar saya auditorial, baca buku dulu baru praktekkin...
saya pengen banget bisa menjadi seorang programmer...
saya akan mempelajari algoritma dulu...

Newbie mengatakan...

Terimakasih mas atas tipsnya. Saya adalah seorang mahasiswa yang kebetulan sedang menjalani program studi Teknik Informatika. Kira-kira ada ga sih beberapa aplikasi seperti game contohnya yang mampu meningkatkan logika kita yang mendukung seseorang menjadi seorang programmer? Terimakasih :)

Anonim mengatakan...

malem mas..saya seorg siswi kls 2 sma..saya tertarik bget ama programming walo saya buta ama programming.. awal saya ttarik pas saya bljr pascal..saya mau tanya, kalo siswi kaya saya yg mw bljr programming hrs mulai dr mana y?

Anonim mengatakan...

Saya ingin bertanya , anda mengatakan Bill Gates mencontek . Nah yang saya tanyakan :
- Bill Gates mencontek siapa?
- Apa yang dia contek? (ide , ilmu , atau hal apa yg dicontek)
- Apa mungkin Microsoft sebesar itu dikatakan hasil CONTEKAN? Berarti Microsoft plagiat dong kalo gitu?

Sekian dan trims . CMIIW

Unknown mengatakan...

bagus gan gue setuju pendapatlu dua gue jadi terinspirasi thanks ya gan

Unknown mengatakan...

Bagus bnget sekarang semua pemikiranku terjawab sudah

Atthar mengatakan...

klo aku typenya yg KINESTETIS.soalnya ane msh pelajar smp sih jd nyoba2 aja sendiri.Boleh minta ajarin gx pemograman delphi.Soalnya klo delphi gx ngerti klo visual basic udh lumayan lahh....
kirimkan caranya ke "attharibrah@yahoo.co.id"
Please....

online movie 4 free mengatakan...

thx gan buat tipsnya , doakan saya ya agar menjadi seorang programmer :)

Unknown mengatakan...

setelah baca tips ini jd mikir. hmm
pengen jd programmer yg handal. untuk mengerti bahasa program saja sulit bgt. saya harus latihan latihan dan latihan.

Unknown mengatakan...

Mksih bnyk mas.
Sy pngen bngt jdi seorang programer yg hndal.

Anonim mengatakan...

kk aplikasi buat GUI apa?

Unknown mengatakan...

Iy Saya setuju dengan pendapat anda sesama bloger.
meskipun saya tidak terlalu handal,atas nama admin di Semua Tentang Ilmu saya suka blogspot ini.

Kunjungi situs kami sekali kali,di
www.sti-ilmublogspot.com

Anonim mengatakan...

mas ...
saya mau nanya
kalau ingin jadi programer awal mulanya belajar program apa yah???

Unknown mengatakan...

thanks mas brooo. . .. .
itu baru cap cus . .. .
siiippp . .. .

TIGER.inc mengatakan...

saya lebih suka menggunakan software enginer, software app maker yg sudah di sediain untuk buat soft lain dalam satu langkah....

Unknown mengatakan...

Puyeng ane liat kata2 agan

obat kanker herbal mengatakan...

cara mengobati kanker
obat kanker denature
denature penipu
obat herbal kanker
obat tradisional kanker

obat diabetes herbal mengatakan...

obat kanker payudara asli
obat denature kanker
obat kanker asli
penipuan obat kanker
obat kanker hati

Unknown mengatakan...

makasi gan
My blog

Posting Komentar